Selasa, 24 Juli 2012

Cari Pahala yang Ringan ala Santri

Berbagai cara dilakukan untuk mendapat pahala dan kebajikan termasuk yang di anggap orang remeh.seperti yang terjadi pada satri dengan bentuk bentuk pelajaran pada santri agar bisa menghargai dan menjaga barang milik orang lain.
Bisa kita lihat di manakah sandal atau sepatu kyai dan ustadz sedang melakukan ceramah hadapan ummat islam.pijakan kaki itu akan di ambil oleh santri  di masukkan kedalam kantor agar bersih dari hadats,namun menurut penuturan orang hal itu di lakukan karena merupakan berkah yang tinggi bagi santri.menurutku karena tidak tahuan orang apa berkah yang tersimpan.
moh hartono
Kenyataan itu terasanya nyata  ketika ada berita  bahwa Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Mathaliul Anwar Pangarakan, Sumenep, Madura merebut pahala dengan cara menata sandal jamaah salat Jumat di Masjid Aminah yang lokasinya berada di areal ponpes.
Sandal milik setiap jamaah salat Jumat yang datang ke masjid itu di tata rapi, sehingga saat pemiliknya keluar dari masjid tidak kesulitan mencarinya. Bahkan, ratusan sandal itu tetap bersih dan suci, karena antara jamaah yang satu dengan yang lainnya tidak berani menginjak sandal milik orang lain.
Keamanan sandal juga terjamin. Tak ada sandal milik jamaah salat Jumat yang hilang seperti disejumlah masjid lain. Para santri yang diwajibkan menggunakan baju dan topi putih oleh pengasuh pondok juga menjaga sandal sejak jamaah datang hingga salat bubar.
Salah seorang santri, Moh Saleh, meyakini dengan menata sandal jamaah salat Jumat akan mendapatkan pahala yang berlimpah.
“Pasti dapat pahala dan ini bagian dari belajar keindahan, kebersihan dan menjaga keamanan barang milik orang lain,” ungkap Saleh pada wartawan usai salat Jumat di Masjid Aminah Pangarangan Sumenep, Jalan Kartini (detik/sby.com)
Dalam hal ini bisa di ambil hikmah bahwa yang remeh dapat mendatangkan pahala asal di lakukan dengan baik walau itu sandal atau sepatu,dalam hal ini islam  membuat kata yang bermakna”bersih itu sebagaian dalam iman”.maka terapkan itu pada masyarakat indonesia sacara umum.tangapan anda,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar